Intan Lestari : Seputar Kampus UMB atau Sejarah dan Kiprah UMB Dalam Mencerdaskan Anak Bangsa atau Motivasiku Kuliah di UMB

Kata-kata pertama pada ayat Al-qur’an yang pertama kali diturunkan adalah “IQRA” yang berarti “BACALAH!” carilah ilmu. Didiklah dirimu dan jadilah orang yang berpengetahuan. Kata-kata tersebut sangat memberikan motivasi untuk saya agar selalu belajar, mencari pengetahuan, mengejar mimpi dan berusaha mendidik diri sendiri sehingga dapat menjadi pribadi yang baik dan lebih baik lagi. Tentunya, hal ini akan dapat terwujud ketika saya dapat menemukan tempat menuntut ilmu yang tepat, islami, berkualitas, berahklaq, dan ilmiah. Karena tempat yang bagus akan melahirkan pribadi dan ilmu yang baik. Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) tentunya tidak diragukan lagi sebagai wadah yang tepat untuk menuntut ilmu, karena kualitas dan prestasi yang telah diraih.

Jika membahas mengapa harus Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) yang menjadi pilihan saya? Jawabannya karena latar belakang dan prestasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) yang menjadi acuan saya sudah tidak diragukan lagi. Universitas Muhammadiyah Bengkulu atau disingkat dengan singkatan UMB merupakan salah satu Universitas perguruan tinggi swasta terbesar di Provinsi Bengkulu tepatnya di Kota Bengkulu.

Universitas ini didirikan pada tanggal 31 Agustus 1991, Berlokasi di: Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Kampus I (satu) alamat Jl. Bali, Kp. Bali, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu 38119. Pada tahun 1991 ini, Universitas Muhammadiyah Bengkulu memiliki 4 Fakultas dan 9 Program Studi. Pada tahun 1996, ditambah 2 Program Studi. Pada tahun 1997 dan 1998, penambahan 2 Progam Studi. Pada tahun 2004, penambahan 3 Program Studi. Pada tahun 2006, penambahan 3 program studi. Pada tahun 2014 hingga sekarang, Universitas Muhammadiyah Bengkulu telah memilki 8 Fakultas yang terdiri dari 21 Program Studi.

Pertama, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (S-1) Program Study Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi. Dimana Keenam Program Study ini sudah Terakreditasi B.

Kedua, Fakultas Agama Islam (S-1) Program Study Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pendidikan Agama Islam, Masing-masing terakreditasi B.

Ketiga, Fakultas Ilmu Kesehatan (S-1) Program Study Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan, Masing-masing Terakreditasi B.

Keempat, Fakultas Hukum (S-1) Program Study Ilmu Hukum terakreditasi B.

Kelima, Fakultas Ekonomi (S-1) Program study Manajemen, Akuntansi, masing-masing terakreditasi B.

Keenam, Fakultas Pertanian (S-1) program study Peternakan, Agribisnis, Agroteknologi, masing-masing terakreditasi B.

Ketujuh, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (S-1) program study Sosiologi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Negara masing-masing terakreditasi B.

Terakhir, Fakultas Teknik (S-1) program study Teknik Informatika, Sistem Informasi masing-masing terakareditasi C.

Universitas Muhammadiyah Bengkulu juga telah memperoleh akreditasi B. Menimbang banyaknya program study yang ada di Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) pihak yayasan dan pejabat universitas tentunya berupaya mengembangkan universitas ini sehingga mendapat kualitas yang terbaik. Maka dari itu Universitas Muhammadiyah Bengkulu mendirikan Kampus II (dua) alamat Jl. Padang Nangka, Kec. Singaran Pati, Kota Bengkulu, Bengkulu 38225. Kampus III (tiga) Jl. S.Parman, No 25, Padang Jati, Penurunan, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu 38222. Dan terakhir Kampus IV (Empat) Jl. Adam Malik, Kel. Sido Mulyo, Kec. Gading Cempaka Kota Bengkulu, Bengkulu 38229.

Saya adalah lulusan SMA Negeri 2 Kepahiang alamat Jl. Lintas Pagar Alam Desa Tertik No. 100 Kec Tebat Karai. Jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) hingga duduk dibangku kelas XII saya belum terpikir maupun punya gambaran untuk melanjutkan kuliah di Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB). Namun mulai memasuki semester kedua saya mulai terpikir untuk memilih universitas yang saya inginkan dan bagi saya yang terbaik. Hal ini mengalir begitu saja, karena awalnya mendapat informasi terkait latar belakang universitas dari bapak kepala sekolah yaitu Bapak Sarmen Refni, M.Pd yang merupakan alumni dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB). Selain bapak kepala sekolah banyak juga dewan guru di SMA kami yang merupakan alumni dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB). Kemudian datang juga TIM dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) langsung kesekolah untuk melakukan sosialisasi terkait latar belakang, macam-macam fakultas, kualitas, serta keunggulan dan prestasi yang ada Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) ini. Sehingga sangat membantu saya dan teman-teman untuk lebih mengenal dan memahami tetang Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB). Berawal dari sinilah akhirnya saya berkonsultasi dengan wali kelas, guru BK, dan orang tua tetang keinginan saya untuk masuk Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) terutama di Fakultas Hukum Program Study Ilmu Hukum. Terkhusus keluarga sangat mendukung saya untuk masuk fakultas hukum ini karena didalam keluarga kami tidak ada satupun yang kuliah di fakultas hukum, sehingga harapan mereka nantinya setelah menjadi Sarjana Hukum (SH) saya dapat membantu dan melindungi keluarga dari segi hukum. Alasan inilah akhirnya saya membulatkan tekad untuk mengambil Ilmu Hukum di Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB).

Selain itu, Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) letaknya sangat strategis berlokasi ditengah kota Bengkulu, sehingga saya tidak perlu nge-kost lagi lokasinya dekat tempat tinggal kakak saya hanya sekitar 10 KM selain itu juga dapat menghemat biaya. Kemudian Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) juga banyak menyediakan fasilitas beasiswa untuk calon mahasiswa kurang mampu dan berprestasi. Saya sangat termotivasi untuk kuliah di Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) melalui jalur beasiswa dengan harapan dapat membantu meringankan perekonomian keluarga saya, karena pekerjaan orang tua saya adalah petani.

Yang menjadi alasan utama juga adalah Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) merupakan Universitas Islami, Keren, Ilmiah yang tentunya akan mendidik dan membimbing saya mempelajari ilmu agama Islam yang lebih mendalam, harapan saya dapat menjaga lisan dan tingkah laku yang sopan pergaulan yang baik sesuai dengan syariah Islam. Dan menjadi lulusan berkepribadian islami, berkualitas, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia memiliki kemampuan akademik, profesional, terampil dan inovatif serta mampu mengembangkan dan menerapkan IPTEKS.

Kemudian harapan saya nantinya dapat menjadi seorang ahli hukum yang handal, seperti hakim, jaksa, pengacara, notaris, pendidik, dan profesi lain terkait hukum karena Fakultas Hukum di Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) ini walaupun baru didirikan pada tahun 2008 lalu tetapi telah menunjukan kualitas yang cukup baik buktinya telah terakreditasi B dan dibimbing oleh dosen-dosen profesional serta ahli dalam bidang hukum, terdiri dari dosen-dosen tetap dengan gelar master dan Doktor. Sehingga nanti melalui pembelajaran dan bimbingan yang mereka berikan di bangku perkuliahan dapat menjadikan saya sebagai lulusan yang memiliki kualitas dan membantu memudahkan saya dalam mendapat pekerjaan.

Alasan selanjutnya kenapa saya memilih Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) karena dikenal dengan sistem OSPEK yang bagus, ramah, mendidik, dan islami. Karena pada dasarnya masuk kuliah merupakan tahap lanjutan proses pembelajaran dari jenjang SMA. Juga membentuk pribadi dari tahap remaja ke tahap dewasa tentunya membutuhkan bekal yang baik. Pihak Universitas wajib melakukan sambutan pada calon mahasiswa baru yang merupakan peserta MABA (Ospek) yang telah lulus seleksi pada penerimaan mahasiswa baru. Ospek berkaitan dengan pengenalan kampus secara menyeluruh dan juga disesuaikan dengan Fakultas masing-masing yang disampaikan secara baik, ramah, jelas, menyenangkan, disiplin oleh para panitia OSPEK (Kakak tingkat dan dosen-dosen) sehingga menghilangkan kesan negatif tetang OSPEK yang sering kali terkesan kasar, keras, sembrono dan menakutkan.

Adapun harapan saya ketika bergabung menjadi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) nantinya selain menimba ilmu saya juga berharap dapat mengembang minat, bakat, serta pontesi yang saya miliki secara optimal sehingga dapat mengharumkan nama baik universitas melalui prestasi akademik maupun prestasi non akademik diprovinsi Bengkulu dan diluar provinsi, yang tentunya tidak luput dari bimbingan semua pihak baik dari kakak tingkat, bapak ibu staf universitas dan bapak ibu dosen.

Leave a Reply