Fadhila Hasana : Sejarah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Universitas Muhammadiyah Bengkulu atau biasa disingkat UMB, Sebuah perguruan tinggi swasta terbesar di Bengkulu. Saat ini UMB memiliki 4 kampus yang tersebar di sekitaran kota bengkulu. Kampus 1 adalah kampus induk yang beralamat di jalan Kampung Bali kota Bengkulu, Hampir semua hal dilakukan dikampus ini. Ada BAAK, BAKU, LPPM, BAU, Perpustakaan, Penerimanaan Mahasiswa Baru, Pembayaran, dll. Fakultas yang ada di kampus 1 yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Teknik, dan Fakultas Pertanian. Selanjutnya kampus 2 beralamat di JL. Salak raya, sedangkan kampus 3 yang ada di JL. Suprapto disinilah terdapat Lab. Komputer UMB, Rumah Sakit UMB, Auditorium, serta biasa juga dipakai untuk Mahasiswa Pasca Sarjana. Yang terakhir kampus 4 terletak di JL. Adam malik disinilah letak dari lab. Pertanian, Rusunawa Siti Walidah, Gedung Kembar, Masjid At-Tanwir, juga ada SMK Agro Maritim.

Sejarah singkat dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu berdiri diawali dengan berdirinya Fakultas Keguruan dan lmu sosial (FKIS) IKIP Muhammadiyah Jakarta cabang bengkulu pada 1 Agustus 1970. Sejak tahun 1970 sampai 1973 FKIS IKIP muhammadiyah jakarta melihat bahwa warga muhammadiyah Bengkulu memiliki keinginan untuk mendirikan perguruan muhammadiyah secara mandiri dan pada 1 juni 1973 FKIS IKIP dikembangkan menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP), dan dari tahun ke tahun STKIP berkembang semakin baik dan masyarakat muhammadiyah sangat berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan syiar islam. Dan setelah melalui proses yang cukup panjang pada akhirnya pada tanggal 31 Agustus 1991 Universitas Muhammadiyah diresmikan oleh bapak Razie Yahya bersamaan dengan wisuda sarjana. Universitas Muhammadiyah Bengkulu juga memiliki motto yaitu commit to the Quality ,Sekarang rektor dari Universitas Muhammadiyah bapak Dr. Khairil, M.Pd. dengan masa jabatan dari tahun 2006-sekarang.

Perkembangan jumlah fakultas dan prodi di Universitas Muhammadiyah Bengkulu terjadi sangat cepat, Pada saat resmi menjadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu, UMB telah memiliki 4 Fakultas dan 9 program studi, setelah berjalan kurang lebih 5 tahun ada penambahan 2 program studi, pada tahun 1997 dan 1998 terjadi penambahan 2 program studi, kemudian anatara 2004-2006 bertambah lagi 6 program studi, dan pada akhirnya pada tahun 2014 sampai dengan sekarang universitas bengkulu sudah memiliki 21 Program Studi.

Universitas Muhammadiyah Bengkulu memiliki visi “Sebagai pusat keunggulan dalam mewujudkan insan akademis yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta cerdas dan kompetitif dalam menguasai ilmu pengetahuaan , teknologi, dan seni (IPTEKS) sebagai kebanggaan warga muhammadiyah, umat islam, dan bangsa indonesia”. Bukan hanya memiliki visi Universitas Muahmmadiyah Bengkulu Juga memiliki Misi yaitu :

Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara kompetitif dan sustainable.

Menciptakan iklim akademis yang islami sebagai pelopor pembaharuan (gerakkan tajdid) amar ma’ruf nahi munkar.

Meningkatkan kualitas civitas akademika Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Meningkatkan kompetensi lulusan Universitas Muhammadiyah Bengkulu melalui program-program akademik yang strategis dan komprehensif.

Berdasarkan visi dam misi Universitas Muhammadiyah Bengkulu maka terbentuklah 8 tujuaan dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu yaitu sebagai berikut :

Terwujudnya Universitas yang unggul dalam bidang IPTEKS.

Menghasilkan lulusan berkepribadiaan islam, berkualitas, beriman, dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, memiliki kemampuan akademik, profesional terampil dan inovatif serta mampu mengembangkan dan menerapkan IPTEKS.

Terciptanya karya kreatif dan inofatif dalam pengembangan IPTEKS yang berwawasan lingkungan untuk mendukung pembangunan nasional dan memperbaiki kesejahteraan umat.

Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengaplikasikan IPTEKS.

Terwujudnya hubungan antar civitas akademika yang harmonis, kondusif, dan islami.

Terwujudnya pendidikan dan keterampilan tenaga edukatif dan administrasi dalam rangka memberikan pelayanan yang prima.

Terciptanya Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebagai lembaga pendidikan tinggi yang siap menghadapi tuntutan masyarakat dan tantangan pembangunan yang berubah dengan cepat baik secara nasional maupun global. Terselenggaranya program akademik dan profesional, sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan dunia usaha (link and match).

Terwujudnya Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebagai kekuatan moral dalam masyarakat indonesia yang madani.

Dengan melihat sejarah dan perkembangan serta didukung dengan visi misi dan tujuan Universitas Muhammadiyah Bengkulu sudah menambah minat saya untuk memilih Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebagai kampus tempat saya melanjutkan studi dan saya berharap selama 4 tahun kuliah di Universitas Muhammadiyah Bengkulu mampu membantu memajukan Universitas Muhammadiyah Bengkulu ke arah yang lebih baik.

Leave a Reply