Empat Lawang Perhatikan Opini BPK, Pemkab Fasilitasi Belajar Siskeudes

News 0

— EMPAT LAWANG, beritadelapan.com —

Workshop-Siskeudes-Empat-Lawang-2019-III Empat Lawang Perhatikan Opini BPK, Pemkab Fasilitasi Belajar Siskeudes

Sejumlah operator desa satgas Kecamatan, dengan di dampingi oleh Kepala Desa belajar cara pengisian aplikasi Sistem Tata Kelolah Keuangan Desa (Siskeudes) di Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Empat Lawang. Karena jika dana desa 2018 secara manual akan mempengaruhi opini dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk Kabupaten Empat lawang anggaran 2018 yang akan dikeluarkan pada 2019.

Hal ini dibenarkan Kepala DPMDP3A Empat Lawang Agus Rochman Basuki melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa Agusman Mulyadi, kehadiran Operator Desa sengaja untuk mengikuti bimbingan dari Tim Satgas Kabupaten Empat Lawang.

“Ya, beberapa Operator Desa sengaja datang kesini, untuk mendapat Bimbingan dari Tim Satgas Kabupaten tentang tata cara penyusunan Laporan Sistem Keuangan Desa (Siskuedes),” jelas Agus.

Ditambahkan Agus, sebetulnya Operator Desa yang ada di Empat Lawang hampir rata rata sudah mengerti tentang Siskuedes.

“Namun,untuk memastikan lagi Operator Desa ini agar tidak ada kekeliruan dalam mengerjakan Laporan sistem Keuangan Desa,kita kembali memberikan lagi kepada Operator Desa melalui Satgas Kabupaten” pungkasnya.

Dari pengamatan awak media di kantor BPMPD Kabupaten Empat Lawang ada sejumlah operator nampak sibuk belajar Aplikasi Siskeudes Versi 2.0 dan bertanya kepada PNS di BPMPD agar bisa menginput aplikasi siskeudes. Sebab pada tahun 2018 kemaren mereka menggunakan  sistem manual.

Selain itu Kasi kelembagaan Bidang Pemdes, Alpianto menuturkan sejak tiga hari lalu operator desa mulai belajar cara menginput data ke dalam Aplikasi Siskeudes versi 2.0.

“Tahun ini, akan kita terapkan lagi dengan sistem terbaru Tahun 2019, sistem keuangan Desa ini sekarang ada Aplikasinya yang harus dipahami dan dipakai,” tuturnya. *)

*) Red-TimlipEL

Spread the love
author

Author: 

Related Posts