Dr. Ir. H. Soekarno

News, Who Is 0

— BeritaDelapan.Com —

Koesno Sosrodihardjo, seorang putra terbaik Indonesia, kelahiran 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur. Kemudian meninggal di Jakarta pada tanggal 21 Juni 1970, dikenal dengan Dr. Ir. H. Soekarno.

Peristiwa penting mewarnai Bangsa Indonesia, beliu dikenal sebagai Bapak Proklamator Kemerdekaan Indonesia (berikut Muhammad Hatta), terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945, diperingati kemudian oleh seluruh Rakyat Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Terhitung tahun 1945 sampai dengan 1967, Ir. H. Soekarno menjadi Presiden Republik Indonesia.

Beberapa peristiwa bernilai sejarah lainnya di zaman Dr. Ir. H. Soekarno : Syafruddin Prawiranegara menjabat sebagai Presiden Sementara Republik Indonesia pada tahun 1948 dalam Agresi Militer II. 1945 sampai dengan 1950, jabatan Presiden berpusat di Yogyakarta, Sementara dipimpin oleh Assaat. Penandatanganan Surat Perintah 11 Maret 1966 atau Supersemar oleh Dr. Ir. H. Soekarno. Sidang Istimewa MPRS pada tahun 1967 memberhentikan Dr. Ir. H Seokarto, setelah sebelumnya pertanggungawabannya ditoleh oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara di tahun tersebut. *)

*) Red – Sumber : Naskah dan Gambar diolah dari hasil pencarian internet.

Spread the love
Rate this article!
Dr. Ir. H. Soekarno,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts