Aresti Polinda : Motivasiku Kuliah Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Perkenalkan nama saya Aresti Polinda. Saya merupakan salah satu mahasiswi baru di Universitas Muhammadiyah Bengkulu jurusan pendidikan bahasa dan sastra indoesia angkatan 2020. Berbicara tentang kuliah tentu kita harus tahu apa makna dari kuliah yang sebenarnya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kuliah adalah suatu proses pembelajaran tingkat lanjut dimana seseorang menentukan pilihan jurusan. Biasanya dalam pemilihan jurusan dilakukan berbagai pertimbangan, salah satunya minat dan bakat.

Kuliah bukan sekedar rutinitas saja, namun kuliah ini adalah sebuah proses pembentukan diri kita menjadi apa yang kita inginkan di masa mendatang. Di sisi lain kita dihadapkan pada pilihan antara cita-cita dan ketatnya persaingan didunia kerja.

Maka timbul pertanyaan, apa yang membuat seseorang berhasil ? Jawabannya adalah memiliki motivasi untuk berhasil. Sekarang muncullah pertanyaan baru, mengapa harus memiliki motivasi? Setiap usaha yang kita lakukan haruslah memiliki tujuan yang jelas, kuat, dan tidak mudah putus asa. Semuanya butuh proses dan perjalanan untuk mencapai suatu tujuan. Dalam setiap proses pasti akan selalu ada yang namanya hambatan dan rintangan. Bagi sebagian orang hambatan bisa membuat dirinya putus asa sehingga langkahnya terhenti untuk mencapai tujuan yang di cita-citanya. Itu dikarenakan mereka tidak memiliki motivasi dan tujuan yang jelas.

Namun bagi orang yang memiliki tujuan yang jelas, semuanya akan dihadapi dengan penuh kesabaran dan perjuangan tiada henti. Hambatan dan rintangan dijadikannya sebagai batu loncatan untuk mencapai level yang lebih tinggi dalam mewujudkan cita-citanya. Dengan begitu, kita hanya perlu menunggu waktu untuk berhasil dan sukses. Begitu pula dengan kuliah, saya memiliki motivasi sendiri yang tentunya berbeda.

Sebelumnya kita cari tahu dulu pengertian dari motivasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu;psi. usaha-usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan-tujuan yang dikehendakinya atau mendapatkan kepuasan dengan perjuanganya.

Secara singkat, motivasi dapat diartikan sebagai dorongan yang memberikan semangat kepada diri seseorang untuk dapat mengerjakan suatu hal dengan sebaik-baiknya. Seperti pada paragrap awal, setiap usaha yang kita lakuakan membutuhkan motivasi untuk mencapai keberhasilan. Agar mencapai keberhasilan saya memiliki motivasi tersendiri.

Universitas Muhammadiyah Bengkulu atau disingkat UMB adalah perguruan tinggi swasta yang ada di Bengkulu, berdiri pada tanggal 31 agustus 1991, yang memiliki 4 kampus besar . Universitas Muhammadiyah Bengkulu memiliki akreditasi kampus B. Dan merupakan kampus yang sedang gencar-gencarnya membangun segala aspek. Universitas Muhammadiyah Bengkulu saat ini memiliki delapan fakultas , yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Hukum.

Saya merupakan lulusan dari SMAN 4 Bengkulu Utara, sampai awal kelas XI saya sama sekali tidak memiliki gambaran maupun pikiran bahwa saya akan melanjutkan kuliah di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Akan tetapi, disaat saya duduk dibangku kls XII SMA, pikiran saya menjadi lebih terbuka dalam hal memilih perguruan tinggi. Hal itu terjadi karena memang semenjak awal kelas XII, pihak sekolah lebih intens dalam mengadakan sosilisasi tentang profil-profil perguruan tinggi yang sangat membantu kami sebagai pelajar yang didik untuk lebih mengenal dan lebih mendapatkan gambaran serta referensi dalam hal menentukan perguruan tinggi .

Mulai dari situlah saya lebih sering berkonsultasi dengan guru BK (Bimbingan Konseling) di sekolah, serta mengumpulkan informasi-informasi tentang perguruan tinggi swasta favorit yang ada di Bengkulu. Karena orang tua menginginkan saya menjadi seorang guru akhirnya saya menempatkan Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebagai pilihan pertama perguruan tinggi yang di prioritaskan.

Ada banyak orang yang menilai bahwa kuliah di Pergurun Tinggi Negeri (PTN) itu lebih bermutu dibandingkan di Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Apakah banyak yang setuju? Kalau bagi saya sendiri, PTN atau PTS tidak berpengaruh sama sekali, semuanya sama saja. Karena semua itu tergantung dari individu masing-masing.

Kenapa saya ingin kuliah di PTS ( perguruan tinggi swasta)? Itulah pertanyaan awal yang harus saya jawab ketika saya akan mendaftar kuliah di PTS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU. Tentu ada beragam jawaban dari saya yang melatarbelakangi keinginan untuk menuntut ilmu atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Pertama, untuk masuk ke PTS Universitas Muhammadiyah ini sangatlah mudah tanpa harus tes terlebih dahulu dan kehebatan dari kampus UMB ini adalah banyak gedung yang dibangun, tidak salah jika kita sering mendengar ada kampus 1, kampus 2, kampus 3 bahkan kampus 4. Jadi saya sebagai salah satu mahasiswi di UMB sangat berbangga dengan hal itu.

Lalu, yang menjadi patokan saya kuliah di PTS UMB ini adalah rincian dana atau biaya kuliahnya sudah tertera dengan jelas di brosur dan menawarkan banyak beasiswa seperti KIP Kuliah dan lainnya, Jadi, hal ini bisa menjadi patokan masalah keuangan yang sering menjadi masalah bagi kebanyakan masyarakat.

Selain itu, Universitas Muhammadiyah Bengkulu ini juga menawarkan kelas regular, yaitu jam kuliah yang bisa diatur. Hal ini benar-benar menjadi keuntungan bagi mahasiswa yang memiliki jiwa pekerja. Adapun yang menjadi daya tarik bagi saya untuk kuliah di UMB ini adalah dosen yang sangat expert atau ahli dalam bidangnya. Karena, UMB ingin mengangkat citra kampus bagi masyarakat umum.

Adapun tujuan saya, itu harus disikapi dengan sikap yang dinamis dan penuh tanggung jawab. Hal ini dikarenakan untuk melanjutkan studi, itu butuh sebuah pengorbanan yang tidak sedikit, yang meliputi keuangan, waktu, tenaga dan pikiran. Oleh karena itu, sebelum saya melangkah lebih jauh tentang keingginan untuk kuliah, saya perlu memikirkan terlebih dahulu, apa motivasi saya yang sebenarnya ? dengan adanya sebuah motivasi, setidaknya saya bisa memproyeksikan ke depan nantinya akan seperti apa.

Berikut adalah beberapa motivasi saya untuk kuliah di Universitas Muhammadiyah Bengkulu dan uraiannya.

Ingin menuntut ilmu dan memperluas wawasan memang benar, kuliah ini dapat mempermudah jalan saya untuk menuntut ilmu. Tentunya, ilmu yang sesuai minat dan bakat kita masing-masing. Setelah menjadi mahasiswa, saya juga harus mengimpelementasikan motivasi saya, yakni ingin sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu dan tetap fokus pada pendirian. Dengan memiliki ilmu yang banyak tidak hanya membuat kita lebih terpandang dan dihargai, namun diangkat derajat kita oleh Allah SWT. Selain itu, dengan banyak ilmu wawasan atau pandangan hidup kita akan menjadi lebih luas, sehingga kita bisa mengetauhi mana yang baik dan mana yang buruk. Itulah yang kita peroleh ketika sudah memiliki ilmu, nantinya pekerjaan pun bisa mengikuti kita dengan sendirinya.

Meningkatkan SDM (sumber daya manusia) Dengan masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu perkuliahan, secara otomatis kita akan mendapat beberapa pengetahuan baru, maka cara berfikir kita juga akan berkembang secara baik. Perkembangan pola fikir akan membuat kualitas sumber daya manusia itu sendiri menjadi meningkat dan menjadi lebih bermutu. Semakin banyak mahasiswa berkualitas, maka sumber daya manusia juga akan semakin berkembang.

Ingin memperoleh pekerjaan yang layak saya memiliki harapan ketika melanjutkan pendidikan, mempunyai motivasi ingin memperoleh pekerjaan yang memadai setelah lulus kuliah nanti. Menurut saya ini juga penting sebagai usaha penyemangat dalam kuliah.

Orang tua Namun, motivasi terbesar saya untuk kuliah adalah orang tua, karena saya ingin membalas budi baik kedua orang tua saya selama ini. Orang tua kita terdiri dari ibu yang telah mengandung, melahirkan, dan merawat kita hingga tumbuh besar dan dewasa. Lalu ada sosok ayah yang telah rela kerja banting tulang untuk mencari nafkah demi menghidupi istri dan anak-anaknya, nafkah tersebut dapat saya rasakan ketika ayah harus membayar biaya persalinan ibu, biaya ketika kita sakit, biaya ketika masuk sekolah dan sebagainya. Untuk itulah orang tua tetap saya jadikan sebagai motivasi terbesar saya dalam menggapai semua mimpi-mimpi, harapan, dan cita-cita saya. Karena hanya dengan semangat dan doa dari orang tua, kita dapat menggapai semua itu. Satu hal yang terpenting dan harus kita semua ingat adalah motivasi tanpa usaha itu sama degan omong kosong. Maka teruslah berdoa dan berusaha, teruslah bersemangat dan ingat kedua orang tua kita, hanya itulah yang dapat menghantarkan kita pada gerbang kesuksesan.

Dalam suatu studi pendidikan, motivasi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi ini merupakan salah satu hal yang sangat penting. Tanpa motivasi seseorang tidak akan bisa mendapatkan dan menjalani proses belajar dengan baik. Motivasi bisa dijadikan sebagai langkah awal seseorang untuk memulai suatu pendidikan atau pembelajaran yang baik. Karena motivasilah yang menjadi faktor utama keberhasilan atau kesuksesan kita dalam menjalani suatu pendidikan.

Leave a Reply