Anitya Putri Affandi Mussa : JEJAK HISTORY UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU DALAM MENCERDASKAN ANAK BANGSA

SEJARAH DAN KIPRA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU DALAM MENCERDASKAN ANAK BANGSA

TOPIC

“JEJAK HISTORY UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU DALAM MENCERDASKAN ANAK BANGSA”

Oleh: Anitya Putri Affandi Mussa (Teknik Informatika)

ABSTRACT

Education is an activity of the learning process to acquire knowledge and skills. Education is also a conscious and planned effort to create an atmosphere and learning process so that students actively develop their potential to have religious spiritual strength, self-control, personality, intelligence, noble character, and skills needed by themselves, society, nation and state.

Education is also divided into various levels starting from kindergarten, elementary school, junior high school, high school, to university. The university itself is a higher education and research institution, which awards academic degrees in various fields by providing undergraduate and postgraduate education at the level.

There are so many kinds of educational institutions that support education in Indonesia, one of which is Muhammadiyah. Muhammadiyah also established many universities under his auspices, for example Muhammadiyah Bengkulu University which already has a lot of potential to advance the Indonesian nation.

Keywords: Education, University, Muhammadiyah, and Muhammadiyah Bengkulu University.

PENDAHULUAN

Patut kita syukuri hidup di era yang serba memadai seperti sekarang ini, semua sudah bisa diakses dengan mudah, semua mengalami peningkatan yang cukup pesat dari segi teknologi, industry, ekonomi serta meningkatnya kualitas pendidikan di Indonesia. Jika dilihat dari perjalanan bangsa Indonesia bukan perkara gampang untuk merasakan kata bangku sekolah, seperti yang kita tau dari sejarah, bangsa Indonesia mengalami waktu-waktu sulit pada saat masa penjajahan, dimulai dari bangsa eropa yang meliputi, Portugis, Spanyol, Belanda, hingga penjajah yang sudah diramalkan oleh Jayabaya, penjajah bertubuh pendek, berkulit kuning, dan hanya seumur jagung yakni Jepang.

Penjajahan itu sendiri banyak membawa dampak bagi Indonesia baik negatif maupun positif, dampak negatif dari penjajahan salah satunya adalah bekas luka di hati masyarakat Indonesia, tapi tidak semua dampak penjajahan Indonesia membawa dampak negatif melainkan juga membawa dampak positif seperti tertanamnya semangat anti-Belanda pada masa penjajahan Jepang, berdirinya koperasi yang bertujuan untuk kepentingan bersama, terbentuknya strata masyarakat, kenalnya system baru pertanian line system(system pengaturan bercocok tanam secara efisien), terbentuknya BPUPKI dan PPKI, pemberian pelatihan militer-semimiliter kepada pemuda, hingga berdirinya sekolah-sekolah seperti SD, SMP, SLTA.

PEMBAHASAN

Dari sinilah cikalbakal pendidikan di Indonesia, lambatlaun seiring perkembangan zaman dan teknologi pendidikan Indonesia semakin membaik dan berkualitas dimulai dari pendidikan taman kanak-kanak(TK), sekolah dasar(SD), sekolah menengah pertama(SMP), sekolah menengah atas(SMA), hingga perguruan tinggi(PT). PT sendiri mengalami banyak perkembangan dari perguruan tinggi negeri(PTN) sampai perguruan tinggi swasta(PTS), perkembanganya meliputi bermuculan banyak PTN dibawah maungan negara hingga PTS yang hakikatnya bersifat indepeden, dari sini juga muncullah berbagai macam PTS dari yang bersistem Internasional hingga mengikutsertakan keagamaan yang didukung oleh Organisasi Islam contohnya seperti Muhammadiyah.

Nampak tilas Muhammadiyah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa ditandai dengan berdirinya berbagai amal usaha pendidikan termasuk ratusan perguruan tinggi yang saat ini tersebar di seluruh tanah air. Aset alumni jejaring dan prestasi yang diraih saat ini bermula dari sebuah rintisan bersejarah di tengah pergolakan Republik yang saat itu masih sangat muda. Gagasan pendirian pendidikan tinggi, diprakarsai dalam usia ke-43 tahun persyrikatan, tepatnya pada 18 November 1955. Di saat itulah, didirikanya Fakultas Falsafat dan Hukum di Padangpanjang yang kelak menjadi cikalbakal berdirinya Universitas Muhammadiyah di Sumatera Barat sekaligus pertama di Indonesia.

Perjalanan muhammadiyah dalam mengembangkan perguruan tinggi muhammadiyah(PTM) tidaklah berjalan dengan mulus banyaknya pergolakan politik membuat rintisan awal mengalami kendala yang sangat berati, tapi semua dapat dilalui dan terus berkembang hingga saat ini. Bukti perjalanan PTM berada di Bengkulu yakni berdirinya Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB). Kiprah perjalanan UMB dimulai pada tahun 1970 berdirinya UMB yang awalnya Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS) IKIP Muhammadiyah Jakarta Cabang Bengkulu. 1 Juni 1973 menjadi STKIP Bengkulu, dan pada 31 Agustus 1991,diresmikan menjadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Hingga saat ini tidak kurang dari 7 fakultas dan 21 prodi studi diseleggarakan di UMB.

Adapun tugas berdasarkan peraturan pimpinan pusat muhammadiyah nomor 01/PRN/I.0/B/2012 tentang majelis perguruan tinggi yakni. 1. Membina ideology Muhammadiyah, 2. Mengembangkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, 3. Merencanakan, mengorganisasikan, mengkordinasikan, membina, dan mengawasi pengelolahan catur dhrma perguruan tinggi, 4. Meningkatnya kualitas dan kuantitas perguruan tinggi, 5. Melakukan penelitian dan pengembangan bidang pendidikan tinggi, 6. Menyampaikan masukan kepada Pimpinan Perserikatan sebagai bahan pertimbangan dalam penetapan kebijakan.

Fasilitas di UMB pun sudah cukup memadai untuk kegiatan perkuliahan, bukan hanya itu UMB juga telah menjalin kerjasama nasional maupun internasional di bidang Tri Darma Perguruan Tinggi. Saat ini UMB sedang melakukan 185 kerjasama nasional dan 43 kerjasama Internasional. UMB juga memberikan beasiswa kepada mahasiwa-mahasiswinya dengan jumlah total sebesar 1,5 miliar pertahunnya.

Sejauh ini UMB adalah universitas swasta terbesar di provinsi Bengkulu, yang telah menempati rangking 155 dari 4.912 kampus serta 18.580 rangking dunia menurut Webbo, UMB juga telah memiliki Smart Skor 50 dari 100 dengan indeks perbandingan 7.445 jumlah mahasiswa per 245 jumlah dosen yang sama dengan artinya 1:30 per mahasiswa. Dengan moto kampus Commit to the Quality dan berakreditasi B, telah menjadikan UMB sebagai salah satu kampus favorit calon mahasiswa baru di Bengkulu.

PENUTUP

Dengan potensi yang dimiliki oleh UMB diharapkan kedepanya UMB bisa menjadi Universitas yang lebih baik lagi, dapat bersaing bukan hanya di kanca Nasional tapi juga di kanca Internasional, dengan menambah fasilitas sarana dan pra sarana di kampus serta diharapkan banyaknya Beasiswa yang mengalir untuk mendorong dan memfasilitasi para mahasiswa-mahasiswanya yang memiliki potensi untuk memajukan bangsa Indonesia.

DAFTAR PUSTAKA

AM, Sardiman, Dwi Lestariningsih Amurwara.2017. Sejarah Indonesia. Jakarta: Buku Sekolah Elektronik (BSE).

Undang-Undang Pendidikan No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sumber Internet:

Anonim. 2013. Kilas Sejarah Perguruan Tinggi Muhammadiyah. https://diktilitbangmuhammadiyah.org/id/kilasan-sejarah-perguruan-tinggi-muhammadiyah/. (Diakses tanggal 24 September 2020).

Anonim. 2013. Tugas Fungsi. https://diktilitbangmuhammadiyah.org/id/tugas-fungsi/. (Diakses tanggal 24 September 2020).

Anonim. 2016. Universitas Muhammadiyah Bengkulu. https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Muhammadiyah_Bengkulu. (Diakses tanggal 24 September 2020).

Anonim. 2020. Universitas. https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas. (Diakses tanggal 24 September 2020).

Anonim. 2017. UMB Jalin Kerjasama dengan Puluhan Universitas Ternama di Taiwan. http://pedomanbengkulu.com/2017/12/umb-jalin-kerjasama-dengan-puluhan-universitas-ternama-di-taiwan/. (Diakses tanggal 27 September 2020).

Anonim. 2018. UMB Jalin Kerjasama dengan Empat Universitas Ternama di Australia. http://pedomanbengkulu.com/2018/02/umb-jalin-kerjasama-dengan-empat-universitas-ternama-di-australia/. (Diakses tanggal 27 September 2020).

Anonim. 2015. Universitas Muhammadiyah Bengkulu. https://ayokuliah.id/universitas/universitas-muhammadiyah-bengkulu/#:~:text=Adapuntotaljumlahmahasiswasaat,danpengetahuanyangcukupluas. (Diakses tanggal 27 September 2020).

Anonim. 2020. Pengertian Pendidikan. https://www.mypurohith.com/pengertian-pendidikan/. (Diakses tanggal 28 September 2020).

John, Dewey. 2018. Pengertian Pendidikan dan Makna Pendidikan. https://www.silabus.web.id/pengertian-pendidikan-dan-makna-pendidikan/. (Diakses tanggal 28 September 2020).

Leave a Reply