Andino Pratama : MOTIVASIKU MASUK UMB

Perkenalkan, nama Saya Andino Pratama mahasiswa baru UM Bengkulu prodi Akuntansi tahun akademik 2020/2021. Beberapa motivasiku untuk masuk Universitas Muhammadiyah Bengkulu adalah :

Pertama, pengakuan akreditasi baik institusi maupun program studi. Saat ini UMB menyandang nilai A untuk akreditasi institusi dari BAN-PT. Sedangkan semua prodi, kecuali yang baru dibuka, semua terakreditasi, sebagian besar A, sebagian lainnya B. Akreditasi adalah ukuran standar, untuk PTN dan PTS, jadi dapat dijadikan rujukan kualitas sebuah perguruan tinggi.

Selain itu, UMB juga memperoleh pengakuan Bintang Dua dari QS Stars University Ranking dari sebuah lembaga pemeringkatan internasional bermarkas di London. Hal ini diperkuat juga dengan pengakuan Kopertis VII yang menempatkan UMB sebagai universitas paling unggul sejak tahun 2008 hingga 2015 sehingga memperoleh Anugerah Kampus Unggul (AKU) Kartika.

Kedua, UMB adalah kampus multikultural, memiliki mahasiswa yang sangat beragam, baik dari dalam maupun luar negeri. Hampir seluruh daerah di Indonesia dan 22 negara ada di sini. Ini membuat mahasiswa dapat bertukar budaya secara baik dalam membentuk karakteristik dan pergaulan global.

Ketiga, kampus UMB memiliki suasana yang sejuk dengan panorama yang sangat indah. Letaknya dikelilingi pegunungan dan dibelah sungai Brantas membuat kampus ini nampak sangat elok. Suasana ini ditunjang dengan bentuk lanscape bangunan yang tertata, membuat suasana belajar dan diskusi sangat kondusif. Apalagi, di area kampus diberlakukan area bebas asap kendaraan bermotor dan rokok. Sebaliknya kampus menyediakan ratusan sepeda pancal untuk mobilitas di dalam kampus.

Keempat, kuliah di UMB dapat menikmati fasilitas jauh lebih besar daripada jumlah yang dibayarkan. Fasilitasnya lengkap, namun tidak harus membayar mahal. Walau kampus swasta, uang kuliah di UMM dapat ditekan karena telah berhasil mengembangkan unit bisnis yang dapat mensubsidi biaya mahasiswa. Selain itu unit bisnis tersebut dapat menjadi laboratorium bisnis dan iklim kewirausahaan yang kondusif yang dikelola dengan penuh amanah.

Kelima, UMB selalu membuat inovasi baru, selalu ada yang baru dan tidak mudah ditiru kampus lain. Inovasi tersebut memacu iklim kompetisi di kalangan mahasiswa dan dosen, dan menjadikan motivasi belajar dan aktivitas di sini dipacu untuk menjadi yang terbaik. Meski demikian, toleransi dan rasa humanis tetap terjaga dengan baik karena UMM memiliki aturan yang tegas bagi siapa saja yang melanggar aturan, serta reward yang cukup baik bagi siapa saja yang berprestasi.

Keenam, UMB banyak memiliki berbagai bentuk beasiswa untuk mahasiswa berprestasi. Jadi semakin giat dan tekun di kampus, insyaalllah kita akan mendapatkan salah satu dari beasiswa itu.

Sekian Terima Kasih

Leave a Reply