Salim Segaf Al-Jufri, Cucu Guru Tua Tokoh Perjuangan Asal Sulawesi Tengah

Salim-Segaf-Aljufri Salim Segaf Al-Jufri, Cucu Guru Tua Tokoh Perjuangan Asal Sulawesi Tengah

Dr. H. Salim Segaf Al-Jufri

NASIONAL, beritadelapan.com – Dr. H. Salim Segaf Al-Jufri, lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 17 Juli 1954. Habib Salim, begitu beliau disapa, adalah cucu dari Ulama besar Palu, Sayyid Idrus Bin Salim Aljufrie atau lebih dikenal dengan nama “Guru Tua” pendiri Yayasan Al-Khairaat, tokoh perjuangan asal Sulawesi Tengah.

Dalam pendidikan, beliau sudah menyelesaikan hingga S3. Riwayat pendidikan dari S1 sampai S3 seluruhnya ditempuh di Universitas Islam Madinah, Arab Saudi. Pendidikan S1 tahun 1976, S2 1980 dan S3 1986 dalam Bidang Syariah.

Habib Salim juga tercatat mengajar sebagai dosen di beberapa tempat. Salah satunya, Dosen Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah. Salim juga pernah menjabat dosen Fakultas Syariah Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta.

Tidak hanya sebagai pengajar, mantan Menteri Sosial era Presiden SBY (2009-2014) ini, sebelumnya adalah Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi dan Kesultanan Oman sejak Desember 2005 menggantikan Muhammad Maftuh Basyuni. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Syariah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Direktur Perwakilan World Assembly Of Muslim Youth (WAMY) untuk Kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara serta Direktur Syariah Consulting Center.

Amanah terakhir yang diemban beliau dalam bidang politik adalah sebagai Ketua Dewan Syuro Partai Keadilan Sejahtera periode 2015 sampai dengan 2020 menggantikan Hilmi Aminuddin pada tanggal 9 Agustus 2015 silam.

 

Wartawan      : Hengki Firmansah

Redaktur        : Doni

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply