Olah Potensi Pertanian, Berikut Upaya Dinas Pertanian Bengkulu Selatan 2018

Inspirasi, KATALOG DELAPAN 0
banner 468x60

Plt-Gubernur-Bengkulu-Dan-Keluarga-Bersama-Plt.-Bupati-Bengkulu-Selatan-Dan-Istri-Berphoto-Pada-Display-Pertanian-Bengkulu-Selatan Olah Potensi Pertanian, Berikut Upaya Dinas Pertanian Bengkulu Selatan 2018

BENGKULU SELATAN, beritadelapan.com – “Kabupaten Bengkulu Selatan memiliki potensi di bidang pertanian yang cukup besar dan menjanjikan apabila dikelola dan dikembangkan dengan baik. Pertanian tanaman pangan merupakan komoditi penyumbang Pendapatan Daerah yang cukup signifikan dengan hasil produksi yang relatif meningkat setiap tahun. Hal ini merupakan potensi yang baik untuk terus dikembangkan dalam rangka menopang upaya peningkatan kesejahteraan rakyat karena Kabupaten Bengkulu Selatan memiliki lahan pertanian yang cukup luas. Pada tahun 2015, berdasarkan Angka Statistik Pertanian yang dikumpulkan oleh Dinas Pertanian dan BPS Kabupaten Bengkulu Selatan tercatat Luas Lahan Sawah di Kabupaten Bengkulu Selatan adalah 11.036 Ha yang terdiri dari 8.131 Ha Lahan Irigasi dan 2.905 Ha Lahan Non Irigasi. Sedangkan Luas Lahan Pertanian Bukan Sawah tercatat seluas 75.067 Ha, terdiri dari 27.544 Ha Lahan Perkebunan, 13.595 Ha Hutan Rakyat, 8.729 Ha Tegal/Kebun, 976 Ha Ladang/Huma, 924 Ha Padang Pengembalan/Rumput, 8.752 Ha Lahan yang sementara tidak diusahakan dan 14.547 Ha Lahan lainnya”, Bappeda dan PP Bengkulu Selatan  (2017).

Bantuan-Alat-Pertanian-Kabupaten-Bengkulu-Selatan-Tahun-2018 Olah Potensi Pertanian, Berikut Upaya Dinas Pertanian Bengkulu Selatan 2018

Sejalan dengan hal tersebut di atas, melalui berbagai Program Kerja seperti melaksanakan Pekan Daerah Kontak Tani Dan Nelayan Andalan (PEDA KTNA) Tahun 2018, membuat Display Pertanian sebagai upaya memberikan motivasi cara bertani dan menampilkan hasil pertanian, Pemberian Bimbingan dan Pembinaan serta Bantuan kepada Kelompok Tani, hingga upaya diversifikasi dan Pemanfaatan Lahan Tidur seluas 18.000 Ha sebagai Lahan Tanam Jagung.

Sukses dengan pelaksanaan PEDA KTNA Tahun 2018, tidak membuat Dinas Pertanian terus berbangga diri, upaya Pembinaan Petani dengan memberikan bantuan alat-alat pertanian terus diupayakan.

Bantuan-Pertanian-Kabupaten-Bengkulu-Selatan-Tahun-2018 Olah Potensi Pertanian, Berikut Upaya Dinas Pertanian Bengkulu Selatan 2018

Rentang waktu tahun 2018 alat bantu peningkatan kerja pertanian seperti Combine Harvester, Vertical Dryer dan Corn Sheller Mobile diberikan kepada petani yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Bantuan-Bibit-Sawit-Pertanian-Kabupaten-Bengkulu-Selatan-Tahun-2018 Olah Potensi Pertanian, Berikut Upaya Dinas Pertanian Bengkulu Selatan 2018

Guna Alat Pertanian tersebut, tentunya akan mempermudah kerja para petani yang sebelumnya masih dengan cara manual akan berangsur beralih menggunakan mesin pertanian. Combine Harvester akan mempermudah petani dalam memanen padi, Vertical Dryer membantu mengeringkan Hasil Produksi Pertanian dan Corn Sheller Mobile mempermudah proses Panen Hasil Tanam Jagung.

Sementara itu, pemberian bibit sawit bersertifikat kepada petani terus dilakukan, hal ini berguna sebagai upaya membantu petani dalam melaksanakan Peremajaan Perkebunan Kelapa Sawit yang telah berusia hingga 20 tahunan. Bibit diberikan secara gratis, dengan harapan jika produksi meningkat akan terjadi peningkatan kesejahteraan petani.

Melalui Kinerja Dinas Pertanian, Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan, terus berupaya membantu para petani dimulai dari edukasi sebelum tanam, panen hingga pasca panen. Harapan kedepannya, akan terdapat peningkatan hasil produksi pertanian dan terdapat peningkatan kesejahteraan para petani. (Red-Kbp)

banner 468x60
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply