Bidang Sapras Dinas Pertanian BS Gelar Sosialisasi e-RDKK

Bengkulu, Terbaru 0

17888151_1898819830375427_739853029_n Bidang Sapras Dinas Pertanian BS Gelar Sosialisasi e-RDKKBENGKULU SELATAN- beritadelapan.com – Kamis (13/04/17), Dinas Pertanian Kabupatren Bengkulu Selatan melalui Bidang Sarana dan Prasarana melakukan  Sosialisasi Verifikasi dan Validasi Penyuluhan pupuk bersubsidi dan elektronik – RDKK pupuk bersubsidi tahun 2017.

Acara yang digelar di Aula Kantor Dinas Pertanian yang dihadiri oleh perwakilan Produsen PT Pupuk Sriwijaya dan Pt Petrokimia Gresik Dan Pimpinan Distributor Resmi  Pupuk Bersubsidi Kabupaten Bengkulu Selatan, PPL dan PPK.

Dalam sambutannya Sekretaris Dinas Pertanian Drs. Joni Ersan, M.Si mewakili Kepala Dinas menyampaikan tujuan dilaksanakan acara ini adalah untuk mewujudkan penyediaan pupuk yang tepat sasaran dan tepat guna.

”Berbagai upaya telah dilakukan  pemerintah dalam rangka penyediaan pupuk dan pestisida untuk mencapai enam prinsip tepat ( tepat jenis, tepat jumlah, tepat tempat, tepat waktu, tepat mutu dan tepat harga). Harapan kita semua, tentunya seperti itu. Untuk itu, kita perlu melakukan verifikasi dan validasi,” jelas Joni Ersan.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan Sri Hartati, SP, MM mengatakan mulai tahun 2018 nanti penyusunan Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) disusun secara elektronik (e-RDKK). Sebagai persiapan menghadapi penerapan e-RDKK, maka diselenggarakanlah pelatihan penyusunan e-RDKK.

“Dengan adanya sistem e-RDKK atau RDKK online ini maka masyarakat dapat memantau kuota pupuk sesuai kelompok tani melalui melalui aplikasi          e-RDKK atau buka alamat app2.pertanian.go.id/rdkk.” Ujar Sri Hartati.

Lanjutnya, secara umum ada enam manfaat kemudahan dari sistem e-RDKK yakni, Kementerian dapat memverifikasi inputing RDKK, updating penyusunan RDKK dapat dimonitoring, sebagai data base bagi Kementerian,  membantu perencanaan alokasi pupuk agar lebih tepat sasaran, membantu kebijakan pupuk bersubsidi dan memudahkan dalam penetapan alokasi dan realokasi pupuk bersubsidi sampai dengan tingkat kelompok tani. (Jt)

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply